Tuesday, May 31, 2011

Garra Rufa Vs Chin Chin

Mendompleng kepopularan ikan Garra Rufa original dari Turki, ikan Chin-Chin atau yang dikenal dengan Kiss Kiss Fish dari China, dalam strategi pemasarannya, ikut-ikutan dinamai dengan Garra Rufa atau Doctor Fish. Meski secara ilmiah kedua ikan ini memiliki silsilah yang berbeda, demikian juga dengan bentuk dan kelebihannya, namun karena harga yang lebih murah, Chin Chin pun juga kerap digunakan dalam fish spa, termasuk di Indonesia sendiri.

Padahal seperti halnya produk palsu pada umumnya, ikan Chin-Chin tidak memiliki kelebihan seperti yang dimiliki oleh ikan Garra Rufa original. Bahkan bukannya menyehatkan dan mempercantik, karena ikan ini memiliki gigi, Chin Chin disinyalir dapat menjadi pembawa (Carrier) penyakit dari satu orang ke orang lain ketika digunakan dalam fish spa komersil. Ikan Chin Chin yang ukurannya terlalu besar, lebih dari 6 cm malah gigitannya bisa membuat Anda terluka. Tak heran di beberapa negara, ikan jenis ini sudah dilarang untuk digunakan dalam fish spa komersial.

Jadi pastikan ikan yang Anda gunakan untuk fish spa adalah ikan Garra Rufa yang asli seperti yang kami tawarkan.

Chin Chin

Nama Ilmiah

Garra Rufa

Chengdu, China

Asal

Kangal, Turki
Kiss Kiss Fish (Doctor Fish/Garra Rufa
Palsu)

Nick name

Doctor Fish
Besar, lebar dan pipih mirip ikan Mujair (Oreochromis mossambicus)

Bentuk Fisik

Kecil, bulat memanjang, mirip ikan Uceng (Nemacheilus fasciatus)
Memiliki gigi. Ketika ikan berukuran 6
cm ke atas akan berbahaya karena bisa membuat Anda terluka. Parahnya lagi, karena gigi tersebut, ikan ini dapat menjadi “carier” penyakit dari satu
orang ke orang lain

Gigi

Tidak memiliki gigi. Hisapan ikan ini
hanya akan menyedot sel kulit mati dari badan Anda.
Tidak mengeluarkan enzim

Enzim

Mengeluarkan enzim Dithranol (Anthralin) yang akan menghambat pertumbuhan kulit yang terlalu cepat.
Membantu pengelupasan kulit mati (dan sehat) karena ikan ini memakan apa saja yang ditemuinya.

Manfaat

Membantu proses pengelupasan kulit mati yang alami, meningkatkan penyerapan kelembaban kulit, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi dan mengaburkan bekas luka, membantu peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus dan bersih dan lainnya.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Saya adalah lulusan dari D3 Sistem Informasi, Politeknik Manufaktur Astra tahun 2004. S1 mengambil gelar S.Kom Di Universitas Persada Indonesia tahun 2009.